Kepala Puskesmas Gangga Sosialisasikan Pentingnya Golongan Darah Dan Donor Darah Di Desa Gondang

Administrator 04 Mei 2018 02:43:07 WIB

Mengingat pentingnya mengetahui golongan darah yang tidak hanya sekedar sebagai pelengkap identitas, melainkan juga dapat mencegah resiko kesehatan, membantu orang lain dalam keadaan darurat dan manfaat-manfaat lainnya. Jumat (27/4) bertempat di Kantor Dusun Karang Anyar, Kepala Puskesmas Gangga serta jajarannya mengadakan sosialisasi tentang pentingnya mengetahui golongan darah dan donor darah untuk masyarakat Gondang. Acara yang dimulai pukul 09.00 wita ini dihadiri oleh seluruh Kadus se desa Gondang, pengurus Desa Siaga desa Gondang, kader, tokoh masyarakat dan warga masyarakat sekitar.

Ketua Desa Siaga desa Gondang, Saharudin mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran Puskesmas Gangga ini sehingga masyarakat yang selama ini tidak mengetahui golongan darahnya sendiri tidak lagi mengabaikan masalah tersebut. Dalam sambutannya beliau berpesan agar para peserta mengikuti dengan baik kegiatan ini dan jika ada yang kurang jelas nantinya bisa langsung ditanyakan dalam sesi diskusi kepada para narasumber yang dalam hal ini Kepala Puskesmas Gangga beserta jajarannya. Beliau sedikit menerangkan pentingnya jika mengetahui golongan darah sendiri dalam lingkungan keluarga. “Dengan kita mengetahui golongan darah sendiri, secara otomatis ketika ada hal-hal yang terjadi yang tidak kita inginkan terhadap keluarga kita, contohnya kecelakaan atau melahirkan, kita bisa langsung memberikan bantuan transfusi darah yang sesuai dengan darahnya tanpa harus periksa darah dahulu dengan hanya melihat dari kartu identitasnya,” jelasnya. Beliau kemudian secara resmi membuka sosialisasi ini dengan harapan dapat berkah dan manfaat untuk semua masyarakat, khususnya masyarakat Desa Gondang.

Pemaparan kemudian disampaikan oleh Kepala Puskesmas Gangga, Nursin, S. Kep. Ners.  Terlebih dahulu beliau memperkenalkan diri kepada peserta yang kebetulan banyak yang belum kenal karena baru bertugas di Puskesmas Gangga ini sekitar satu tahun. Bersama petugasnya dari laboratorium dan programmernya beliau menjelaskan apa saja manfaat yang didapat dari donor darah, siapa-siapa yang membutuhkan donor darah, dan ketentuan dari pendonor.  

Beliau menjelaskan banyak manfaat yang didapat dari donor darah antara lain dapat mengurangi risiko penyakit jantung, membakar kalori, mengurangi resiko kanker namun yang paling penting dan utama menurut beliau dengan kita mendonorkan darah adalah kita bisa menolong sesama. Selain itu secara otomatis akan mendapatkan tes kesehatan gratis karena pendonor itu sebelum mendonor darah paling tidak harus diperiksa dulu tensinya, tekanan darahnya, HBnya, mengidap penyakit atau tidak, dan manfaat lainnya. “Dengan banyaknya manfaat yang bisa kita peroleh dari donor darah ini, kami sangat berharap kepada masyarakat yang selama ini belum mengetahui jenis golongan darahnya agar segera menghubungi petugas kesehatan di Puskesmas untuk memeriksakan golongan darahnya. Kami siap melayani masyarakat baik yang mampu maupun yang tidak mampu dalam rangka mendapatkan layanan kesehatan hanya dengan membawa kartu BPJS,” himbau Nursin menutup paparannya.

Untuk mengurangi kejemuan peserta, acara kemudian dilanjutkan dengan menonton tayangan tentang donor darah melalui layar proyektor yang telah disiapkan oleh narasumber.  Diharapkan peserta lebih paham lagi setelah menyaksikan tayangan ini.

Komentar atas Kepala Puskesmas Gangga Sosialisasikan Pentingnya Golongan Darah Dan Donor Darah Di Desa Gondang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar