TPID Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas PSDM Kader Pembangunan Manusia (KPM)

Administrator 02 September 2019 09:37:45 WIB

Gondang - Melalui Program Inovasi Desa (PID), Pemerintah Kecamatan Gangga bersama Pemerintah Kecamatan Tanjung  mengggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Perangkat Desa dan Kader Pembangunan Manusia (KPM).

Pelatihan selama dua hari dari tanggal 26-27 Juli ini diikuti oleh 24 orang perwakilan perangkat desa se-Kecamatan Gangga dan Kecamatan Tanjung, Kader Pembangunan Desa se-Kecamatan Gangga dan Tanjung, anggota TPID, pendamping desa, dan pendamping lokal desa bertempat di Lesehan Sasak Narmada.

Kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh pihak Kecamatan Gangga diwakili oleh Kasi Pemerintahan, Ahmad Mukhtar (26/07), dikarenakan bapak Camat berhalangan hadir.

Dalam sambutanya beliau berpesan agar peserta benar -benar mengikuti pelatihan ini dengan baik dan maksimal, agar nantinya dapat menerapkan ilmu yang disampaikan Pelatih ke Desa masing-masing terutama masalah stunting. Akhmad Mukhtar juga berharap peserta nantinya dapat melakukan proses pemberdayaan masyarakat dalam mencegah dan mengurangi Dampak Stunting yang ada di desa masing-masing.

“Kita semua tahu jika masalah stunting merupakan masalah Nasional, sehingga beragam kegiatan yang berhubungan dengan penanganan stunting terwadahi dalam Peraturan Menteri Desa terkait pemanfaatan Dana Desa,” jelasnya.

“Oleh karenanya peserta yang berasal dari unsur desa ini sangat diharapkan peran sertanya melakukan pendekatan spesifik seperti memperbaiki gizi dan kesehatan ibu hamil, pemeriksaan ibu hamil serta mendapat tambah darah selama kehamilan, “ lanjutnya.

Beliau juga mengharapkan agar para peserta aktif mengikuti pelatihan ini, jika ada yang dirasa tidak dimengerti jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada narasumber. Karena pemerintahan Desa menjadi tumpuan Pemerintah Indonesia dalam upaya menekan angka stunting ini.

Adapun narasumber dalam mengisi materi pelatihan ini dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara dan Tenaga Ahli (TA) Kabupaten.

Pelatihan ini meliputi pokok bahasan, yakni pengorganisasian pelaku konvergensi pencegahan stunting di desa, simulasi pemantauan layanan dan penggunaan scorecard pencegahan stunting di desa, pemantauan layanan konvergensi stunting, simulasi penyusunan konvergensi pencegahan stunting di desa, peran desa dalam konvergensi pencegahan stunting di desa, dan penyusunan rencana kerja kader desa.

Komentar atas TPID Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas PSDM Kader Pembangunan Manusia (KPM)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar