Jelang Pilkades, Panitia Pilkades Gondang Gelar Bimtek KPPS

Administrator 08 Desember 2019 13:03:20 WIB

Gondang – Menjelang pemilihan Kepala Desa Gondang yang akan dilaksanakan 21 Nopember mendatang, Panitia Pemilihan Kepala Desa Gondangmelaksanakan Bimtek atau pembekalan Ketua KPPS se desa Gondang, Selasa (12/11/2019) bertempat di Kantor Desa Gondang sementara. Hadir dalam acara ini, Penjabat Kades Gondang, Ketua BPD Gondang, Bhabinkamtibmas, semua panitia Pilkades, dan semua ketua KPPS peserta Bimtek.

Panitia Pemilihan Kepala Desa Gondang terus mematangkan persiapan menghadapi puncak pesta demokrasi pada 21Nopember mendatang yang tinggal menghitung hari. Salah satunya yang semakin dimatangkan, yaitu proses tahapan sosialisasi dan bimbingan teknis terhadap tata cara penghitungan, pemungutan dan rekapitulasi surat suara.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 19 ketua KPPS yang berasal dari 11 dusun di desa Gondang berkesempatan mendapatkan Bimtek. Nantinya mereka akan mentransfer ilmu yang didapatkan pada Bimtek ini kepada semua anggota masing-masing di tiap dusun.

Adapun jumlah TPS yang tersebar di 11 dusun di desa Gondang terdiri dari 2 TPS di dusun Karang Kates, 1 TPS di dusun Lekok Selatan, 1 TPS di dusun Lekok Tenggara, 1 TPS di dusun Lekok Utara, 2 TPS di dusun Lekok Timur, 2 TPS di dusun Karang Bedil, 1 TPS di dusun Karang Amor, 2 TPS di dusun Karang Anyar, 4 TPS di dusun Karang Pendagi, 2 TPS di dusun Gondang Timur, dan 1 TPS di dusun Besari.

Sebelum Bimtek, Panitia Pilkades Gondang melalui Sekretaris panitia membacakan Surat Keputusan Panitia Pilkades Gondang nomor 25 tahun 2019 tentang penetapan petugas KPPS dalam pelaksanaan pemungutan suara pada pemilihan Kepala Desa Gondang tahun 2019.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Gondang, Simparudin, SH mengatakan dalam Bimtek, KPPS dibekali bagaimana tata cara pengisian formulir-formulir lainnya.

"Termasuk diberikan pemahaman terkait jenis jenis formulir yang wajib diisi serta yang dimasukan ke dalam kotak dan luar kotak dalam proses distribusi logistik dan arus baliknya. Kemudian juga pemahaman tugas masing-masing KPPS," ungkapnya.

Oleh karenanya, ia berharap tidak ada lagi masalah di kemudian hari setelah mendapatkan Bimtek, terutama pada tahapan pemungutan suara. Mengingat semua peserta merupakan petugas yang telah melaksanakan pemungutan suara pada pemilihan Presiden kemarin, sehingga mempunyai banyak pengalaman dalam pelaksanaan pemungutan suara ini.

"Kami berharap  kepada ketua KPPS ini nanti agar melaksanakan semua proses pemungutan suara ini dapat benar-benar lancar tanpa ada masalah, baik dari tahap pemungutan, penghitungan hingga rekapitulasi surat suara," katanya.

Beliau meminta agar KPPS lebih cermat dan teliti mengisi berita acara dan catatan hasil penghitungan suara di TPS agar pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa ini bisa berjalan sesuai harapan.

"Kami meminta agar KPPS teliti terutama tahapan pengisian formulir serta dalam menindaklanjuti keberatan keberatan sewaktu di TPS. Selain itu agar dalam proses rekapitulasi statistiknya benar-benar valid, tidak ada kesalahan penjumlahan ataupun pencatatannya," tegas Simparudin.

Karena pentingnya Bimtek ini, ia berharap agar dalam proses Bimtek para ketua KPPS benar-benar mengikuti dan memahami materi-materi Bimtek.

"Nantinya, selain diberikan dalam bentuk materi juga akan dilakukan uji coba pengisian sejumlah formulir, karena suksesnya proses statistik hasil rekap Pilkades ini ada di KPPS," pungkasnya.

Komentar atas Jelang Pilkades, Panitia Pilkades Gondang Gelar Bimtek KPPS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar