Pembangunan Jembatan Besari Menggunakan Dana Desa TA 2019

Administrator 08 Desember 2019 13:22:23 WIB

Gondang – Pemerintahan Desa Gondang melaksanakan pembangunan jembatan di dusun Besari menggunakan sebagian Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat. Tujuannya adalah untuk mempermudah akses warga dusun Besari khususnya warga yang barada di RT 4 menuju RT yang lain. Selama ini warga harus lewat jalur yang memutar untuk bisa sampai ke RT lain, padahal disisi lain terdapat jalur pendek namun hanya terpisah oleh kali (koloh).

Pembangunan jembatan ini memiliki volume (3,5x2,5x0,15) m3, bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2019 yang merupakan usulan pada tahun 2018. Disamping tenaga swadaya gotong royong, pengerjaannya dilakukan oleh tukang yang berasal dari dusun Besari sendiri dengan alasan supaya warga ada rasa memiliki pembangunan tersebut. Besarnya anggaran yang dikucurkan untuk pembuatan jembatan ini adalah Rp. 35.232.000.

Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Dusun Besari, Sahadun mengatakan pembangunan jembatan tersebut telah menjadi prioritas Pemerintah Desa Gondang yang merupakan hasil usulan dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdesa) yang telah dilaksanakan pada tahun 2018. Hal ini dikarenakan selama ini warga dusun Besari khususnya warga yang berada di RT 4 harus melewati jalur memutar untuk bisa sampai ke RT yang lain.

"Pembangunan jembatan ini bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2019 tahap 2, yang merupakan salah satu prioritas pemerintah desa Gondang sebagai sarana penunjang petani kebun terutama di dusun Besari yang telah diusulkan pada Musrenbangdes tahun 2018,” ungkapnya, Senin (02/12/2019).

Ia menambahkan meskipun pengerjaannya belum 100 persen namun sudah bisa digunakan oleh para warga dusun Besari. Mereka sangat terbantu khususnya petani perkebunan karena bisa memudahkan membawa hasil perkebunannya dengan efektif dan efisien dibandingkan sebelum adanya jembatan tersebut. Kemudahan tersebut tambahnya tentu memberikan dampak positif bagi warga dalam meningkatkan perekonomian terutama dibidang perkebunan.

"Kami warga dusun Besari sangat bersyukur pemerintah desa Gondang telah membuatkan jembatan ini. Kini jembatan tersebut tinggal tahap finishing saja, namun warga sudah bisa memanfaatkannya untuk dilalui menggunakan kendaraan. Kita berharap masyarakat bisa lebih nyaman dalam melakukan aktivitasnya," harapnya.

Tidak jauh dari lokasi jembatan dibuatkan baliho anggaran penggunaan dana oleh TPK  sebagai bentuk transparansi pemerintah desa Gondang terhadap pembangunan yang dikerjakan di desa, sekaligus agar masyarakat tahu dan ikut serta mengawasi penggunaan Dana Desa tersebut.

Komentar atas Pembangunan Jembatan Besari Menggunakan Dana Desa TA 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar