Pelatihan Penyusunan Profil Desa Se KLU

Administrator 08 Desember 2019 13:25:53 WIB

Gondang - Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat (DP2KB PMD) Kabupaten Lombok Utara mengadakan pelatihan Penyusunan Profil Desa bagi semua desa se Kabupaten Lombok Utara, Kamis (05/12/2019). Kegiatan ini dilaksanakan di aula Kantor Desa Tanjung yang dihadiri oleh 33 Sekretaris Desa dan 33 Operator Sistem Informasi Desa (SID) se Kabupaten Lombok Utara.

Maksud diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan validitas dan ketersediaan data profil desa di semua desa di Kabupaten Lombok Utara. Profil desa dan kelurahan adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumberdaya alam, Sumber Daya Manusia, kelembagaan, sarana dan prasarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.

Kepala Seksi Administrasi Pemerintahan Desa DP2KB PMD Kabupaten Lombok Utara, Eddy Susanto, SSTP mengatakan pelatihan ini untuk pengisian profil desa beraplikasi web yang diberikan oleh Kemendagri yang disebut Prodeskel (Profil Desa Dan Kelurahan).

"Mulai dari data dasar keluarga, potensi desa, tingkat perkembangan desa, selama ini profil desa masih manual. Oleh karenanya dengan aplikasi ini pemerintah pusat dapat mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral," ujarnya.

Lebih lanjut diharapkan melalui pelatihan ini semua desa mempunya profil desa berbasis web yang bisa dipantau langsung dari pusat, sehingga pemerintah pusat dapat mengetahui termasuk dalam kategori apa desa tersebut.

"Kami berharap semua desa yang ada di KLU dapat menginput profil desa masing-masing, sehingga nantinya kita bisa mengetahui  apakah desa tersebut masuk ke dalam kriteria swadaya, swakarya atau swasembada " katanya.

Adapun yang menjadi narasumber pelatihan ini yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Pendudukan Dan Pencatatan Sipil Nusa Tenggara Barat (BPMPD Dukcapil-NTB.

Komentar atas Pelatihan Penyusunan Profil Desa Se KLU

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar