Pelatihan BPD Desa Gondang Tahun 2016

Administrator 08 November 2016 20:03:27 WIB

Pelatihan BPD Desa Gondang tahun 2016 dilaksanakan hari Selasa tanggal 8 Nopember 2016 (8 Safar 1438 H) bertempat di Aula Kantor Desa Gondang. Pelatihan ini dibuka langsung oleh bapak Muhyin dari unsur LPM Desa Gondang. Sedangkan yang menjadi nara sumber pelatihan adalah Bapak Ngatman, SP dari Inspektorat dan Bapak Slamet Riadi, S. IP perwakilan dari Sekda Lombok Utara.

Dalam pengantarnya, Ngatman menekankan pentingnya sinergisitas antara BPD dengan Pemerintah Desa karena selama ini berdasarkan pengalaman dea-desa yang lain antara BPD dengan Pemerintah Desanya sendiri kurang adanya komunikasi. Beliau juga menambahkan bahwa BPD dan masyarakat mempunyai peran yang sangat besar dalam hal pengawasan terhadap kegiatan yang ada di desa baik itu berupa kegiatan fisik, laporan-laporan desa, Bumdes, dan yang lainnya. BPD bersama masyarakat merupakan unsur yang sangat efektif dalam pelaksanaan pengawasan di desa. Terkait masalah adanya perubahan-perubahan kegiatan yang dilaksanakan oleh desa, beliau juga menekankan agar ada musyawarah antara BPD dengan pemerintah desa untuk membahasnya.

Sedangkan Slamet Riadi, S. IP dalam pelatihan ini memaparkan materinya tentang Kedudukan Kepala Desa dan BPD Serta Tugas dan wewenang BPD. Beliau menekankan bahwa visi dan misi yang dilaksanakan di desa diharapkan bisa sejalan dengan visi dan misi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Adapun fungsi BPD yang berkaitan dengan kepala Desa yang beliau jelaskan diantaranya : membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi Desa, dan melakukan pengawasan kinerja kepala Desa.

Komentar atas Pelatihan BPD Desa Gondang Tahun 2016

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar