Pemerintah Desa Gondang Menerima Kunjungan Tim Study Banding Desa Bug-Bug Kecamatan Lingsar

Administrator 20 Januari 2017 18:34:44 WIB

Pemerintah Desa Gondang menerima kunjungan dari Desa Bugbug, Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, Kamis 19 Januari 2017 (20 Rabi’ul Akhir 1438 H). Kepala Desa Gondang beserta perangkat Desa, unsur dari BPD, PKK, Karang Taruna, DPPKB PMD Lombok Utara, perwakilan Kecamatan Gangga, Polsek Gangga menerima secara langsung kedatangan rombongan tersebut sekitar pukul 09.00 wita di kantor Desa Gondang. Rombongan yang datang tersebut berjumlah sekitar 50 orang yang terdiri dari Kepala Desa Bugbug beserta perangkatnya, Pengurus PKK, Karang Taruna, BPD, dan pelaksana kewilayahan yang ada di Desa Bugbug.

Adapun tujuan kunjungan ini sendiri diterangkan oleh Kepala Desa Bugbug, Bapak Suhaemi adalah untuk bersilaturahmi sekaligus ingin mendapatkan tambahan ilmu dan pengalaman dari Desa Gondang karena Desa Gondang termasuk salah satu desa terbaik di Kabupaten Lombok Utara ataupun Nasional. Lebih khusus lagi karena desa Gondang dianggap sudah lebih baik dalam hal administrasi desa karena telah menggunakan aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa).

Dalam pengantar penerimaannya, Kepala Desa Gondang Ahmad Jauhari mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari desa Bugbug dan terima kasih atas kedatangannya semoga dapat saling berbagi pengalaman berkaitan tentang masalah di desa. Setelah itu kepala Desa Gondang melanjutkan dengan memaparkan tentang sejarah dan profil desa Gondang secara singkat. Beliau melanjutkan bahwa kerjasama antara semua unsur yang ada di desa merupakan faktor penentu agar desa bisa maju dengan komitmen ‘kerja keras’ dalam melaksanakan tupoksi masing-masing pada pemerintahan di desa. Selain itu kerjasama yang baik dengan pihak pemerintahpun harus terus dijaga, dalam hal ini kecamatan Gangga dan DPPKB PMD Lombok Utara terkait masalah perencanaan desa.

Sekdes desa Gondang juga menjelaskan cara penggunaan aplikasi Siskeudes yang sudah dilaksanakan di desa Gondang karena selama ini hanya desa Gondang yang sudah melaksanakan administrasi desa dengan menggunakan aplikasi ini. Menurutnya penggunaan aplikasi ini sangat bagus karena dapat mewujudkan tata kelola keuangan desa yang bersih, tertib, efektif dan efisian. Proses pencatatan, pengawasan dan pemeriksaan pertanggungjawaban keuangan desa juga lebih mudah diterapkan. Dengan aplikasi Siskudes ini, pemerintah desa dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penggunaan anggaran di desa. Sebagai langkah awal sistem ini sendiri akan terlebih dahulu diterapkan kepada beberapa desa. Beliau juga menambahkan penggunaan aplikasi ini akan lebih maksimal bila yang menggunakannya satu orang perangkat karena lebih mudah dalam pengontrolannya.

Pihak pemerintah Kabupaten dalam hal ini DPPKB PMD Lombok Utara yang diwakili oleh Bapak Edy Susanto mengaku sangat bangga terhadap pencapaian yang diraih oleh desa Gondang saat ini. Hal ini dibuktikan dengan telah dikunjunginya desa Gondang oleh pemerintah pusat dan hasil yang didapat oleh desa Gondangpun terbilang memuaskan. Seperti kunjungan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada tanggal 6 Oktober 2016 lalu, kunjungan dari KPK, BPK, Inspektorat, study banding dari Pemerintah Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat, study banding Desa Bombana Sulawesi Tenggara dan lainnya ke desa Gondang. Oleh karena itu beliau berharap agar prestasi yang diraih oleh desa Gondang ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi kedepannya, dan harapan kepada desa yang lain agar dapat mencontoh desa Gondang dalam hal administrasi desa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Sekdes Desa Gondang. Dalam diskusi ini banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta dari Desa Bugbug menyangkut semua permasalahan yang ada di desa. Semua unsur dari Desa Gondang baik itu dari unsur perangkat Desa, BPD, Pelaksana Kewilayahan, Kecamatan, Polsek dan BPM PPKB PEMDES Lombok Utara ikut serta menjadi narasumber dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman dari Desa Bugbug, sehingga diskusi menjadi lebih terarah dan lancar.

Setelah acara tanya jawab, dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Desa Bugbug kepada desa Gondang berupa sayur-sayuran yang ada disana. Sedangkan oleh-oleh yang diberikan oleh Desa Gondang kepada Desa Bugbug berupa ikon Desa Gondang yaitu makanan/kerupuk Opak-opak. Selanjutnya para peserta kunjungan dipersilahkan untuk melihat-lihat keadaan dan kondisi Kantor Desa Gondang. Mereka dipandu oleh Sekdes desa Gondang  tentang cara penggunaan aplikasi Siskeudes di kantor desa Gondang, dan tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan bertanya langsung bila dirasa belum jelas. Kemudian acara study banding ini diakhiri dengan acara foto bersama dan tukar nomor handphone sebagai kenang-kenangan kedua desa.

Komentar atas Pemerintah Desa Gondang Menerima Kunjungan Tim Study Banding Desa Bug-Bug Kecamatan Lingsar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar