Musrenbang Desa Gondang Tahun 2017-2018

Administrator 09 Februari 2017 16:50:52 WIB

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa  Gondang Tahun 2017-2018 dilaksanakan kemarin pada hari Senin, 6 Februari 2017 (9 Jumadil Awal 1438 H) yang berlokasi di Aula Kantor Desa Gondang. Acara Musrenbangdes ini dimulai pada pukul 09.00 wita yang dihadiri oleh semua unsur pemerintahan Desa Gondang seperti : Ketua BPD, Perangkat Kewilayahan se-Desa Gondang, Pengurus LPM, Manajer Bumdes, Pengurus TP-PKK, Babinmaspol, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, perwakilan kader Posyandu, perwakilan perempuan, ketua kelompok nelayan, Pendamping Kecamatan (PK), Pendamping Lokal Desa (PLD), pengurus P3A, dan Tim Penyusun RKP Desa Gondang. Hadir juga dalam acara ini Bapak Camat Gangga, perwakilan DPPKB PMD Lombok Utara, dan PK GSC Kec. Gangga. Tujuan dari Musrenbangdes ini sendiri adalah untuk menetapkan rencana pembangunan yang ada di Desa Gondang ini sebelum diserahkan ke Kecamatan untuk kemudian dilaksanakan Musrenbang di tingkat Kecamatan. Dalam acara ini juga dibahas rencana pembangunan tingkat desa yang akan dilaksanakan pada tahun 2017-2018 sekaligus menetapkan prioritas kebutuhan masyarakat dan kegiatan desa yang akan dibiayai melalui APBDes termasuk Dana Desa, ADD, dan sumber pendapatan lainnya yang sah. 

Dalam pengantarnya pada acara ini, Kepala Desa Gondang (Bp. Ahmad Jauhari) mengucapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk bisa hadir dalam acara ini. Beliau menjelaskan bahwa rencana pembangunan yang akan dilaksanakan di Desa Gondang ini merupakan tindak lanjut dari penggalian gagasan yang telah dilaksanakan di masing-masing dusun di Desa Gondang, dan telah ditentukan skala prioritasnya. “Hasil dari Musrenbangdes ini sendiri nantinya akan ditindaklanjuti di Musrenbang Kecamatan”,jelasnya. Oleh karena itu beliau berharap kepada para peserta jika terdapat usulan-usulan yang belum ada atau tidak sesuai agar dapat disampaikan sebelum dilanjutkan di Musrenbang Kecamatan nantinya.

Pengantar berikutnya disampaikan oleh Bp. Camat Gangga yang sekaligus membuka secara resmi Musrenbangdes ini. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas antusiasme para peserta yang hadir pada musyawarah ini. Beliau berharap agar hasil musrenbangdes ini merupakan keputusan yang mencakup aspirasi semua warga desa Gondang dan merupakan keinginan semua masyarakat desa Gondang. Beliau juga menjelaskan item-item kegiatan yang dilaksanakan dari APBD Kabupaten Lombok Utara untuk tahun 2017 untuk desa Gondang. Dari PU, seperti : rehab jaringan irigasi pekatan, rehab saluran pembuangan (100 jt), ipal komunal desa Gondang (520 jt), pengaspalan jalan taman Karang Kates (180 jt), rabat lingkungan Karang Amor (45 jt), rabat jalan Karang Anyar (45 jt), rabat Telok Geran (45 jt), plat beton dan rabat gang Lekok Timur (150 jt), talud Kali Orong Lekok Utara (180 jt), drainase Karang Amor (100 jt), pengaspalan jalan Gondang-Murmas 1 km (1,3 M), dan penguatan badan jalan Gondang-Lenek (90 jt). Sedangkan dari Dinas Perindag : pembangunan Musholla dan penataan Pasar Gondang (200 jt), dan penembokan pasar Gondang (187 jt). Dari Dikpora : rehab ruang kelas SDN 3 Gondang, dan pengadaan IT SMP 1 Gangga. Sedangkan dari Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, dan SKPD lainnya program bersifat umum.

 Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan rencana pembangunan Desa Gondang yang disampaikan oleh Sekdes Gondang. Beliau menjelaskan semua tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Desa Gondang hingga mendapatkan keputusan yang akan dilanjutkan ke Musrenbang Kecamatan. Beliau menambahkan bahwa semua rencana pembangunan yang diputuskan merupakan keinginan dan aspirasi semua warga Desa Gondang karena dilaksanakan dari dusun-dusun melalui penggalian gagasan. Beliau juga menjelaskan bahwa rencana pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya diprioritaskan pada pembangunan fisik saja tetapi lebih kepada pemberdayaan masyarakat.

Komentar atas Musrenbang Desa Gondang Tahun 2017-2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar