Tes Tertulis Dan Wawancara Peserta Pelaksana Kewilayahan Desa Gondang Berjalan Lancar

Administrator 20 Februari 2017 18:21:03 WIB

Pelaksanaan ujian tertulis dan wawancara calon perangkat desa (pelaksana kewilayahan) Desa Gondang diikuti oleh 10 orang calon yang terdiri dari : 3 orang dari dusun Gondang Timur, 2 orang dari dusun Karang Anyar, 2 orang dari dusun Karang Bedil, dan 3 orang dari dusun Karang Kates. Ujian tertulis calon perangkat desa ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Gondang, pada Selasa, 14 Februari 2017 (17 Jumadil Awal 1438 H), sedangkan tes wawancara dilaksanakan pada hari Kamis 16 Januari 2017 (19 Jumadil Awal 1438 H). Dalam jadwal, pelaksanaan penjaringan ini diawali pendaftaran Bakal calon perangkat desa (pelaksana kewilayahan) tahap 1 yang dilaksanakan tanggal 17 sampai dengan 23 Januari 2017 sedangkan tahap ke 2 dari tanggal 24 sampai dengan tanggal 30 Januari 2017. Sedangan tahap seleksi kelengkapan administrasi dilaksanakan tanggal 1 Februari 2017. Pada tanggal 6 sampai 8 Februari 2017 dilaksanakan penyusunan dan penetapan bakal calon.

Untuk menjaga transparansi pelaksanaan penyaringan panitia memperketat pengawasan, diantaranya melibatkan DPPKB PMD Lombok Utara untuk pembuatan soal tes tulis dan sebagai pewawancara dalam tes wawancara. Panitia Seleksi (Pansel) dalam hal ini Ahmad Rusmaidi mengatakan, “semua soal untuk para peserta dibuat oleh DPPKB PMD Lombok Utara, sehingga dapat kita jamin kerahasiaan dari soal tersebut.” Beliau juga lebih lanjut menambahkan “Semua tahap yang telah dilaksanakan oleh panitia sudah sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda), baik dari sosialisasi, sampai pelaksanaan tes tulis/wawancara ini.” Namun beliau menyayangkan kurangnya minat masyarakat untuk menjadi perangkat desa khususnya Pelaksana Kewilayahan ini agak kurang, hal ini dapat dilihat dari peserta yang mendaftar yaitu hanya 2-3 orang saja dari tiap-tiap dusun. Namun hal yang patut disyukuri dalam pelaksanaan pengangkatan perangkat desa ini adalah tidak adanya gejolak yang terjadi, semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

Saat pelaksanaan tes tulis jumlah soal yang disiapkan ada 13 pertanyaan berupa soal isian. Adapun materi soal untuk formasi Pelaksana Kewilayahan ini  terdiri dari soal umum seputar pengetahuan tentang desa Gondang dan Kabupaten Lombok Utara serta pengetahuan tentang agama Islam karena semua peserta beragama Islam. Sementara itu untuk tes wawancara dibagi dalam 2 tes yaitu kecakapan (pengetahuan/pengalaman) oleh I Ketut Kulan (DPPKB PMD Lombok Utara) dan komitmen oleh Ahmad Jauhari (Kades Gondang).

Setelah pelaksanaan tes tulis dan wawancara selesai, panitia seleksi selanjutnya melaksanakan pemeriksaan hasil tes peserta pada tanggal 17 Februari 2017. Selanjutnya pada tanggal 18 Februari 2017 dilaksanakan rapat pleno untuk menetapkan calon Pelaksana Kewilayahan ini dan hasilnya akan diserahkan langsung kepada Pemerintah Desa Gondang.

Komentar atas Tes Tertulis Dan Wawancara Peserta Pelaksana Kewilayahan Desa Gondang Berjalan Lancar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar