Kunjungan BPK Dan Bank Dunia Di Desa Gondang

Administrator 24 Februari 2017 22:43:46 WIB

Gondang, 23 Februari 2017 (27 Jumadil Awwal 1438 H) Badan Pemeriksa Keuangan Pusat (BPKP) melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Tidak hanya BPKP yang melaksanakan kunjungan, mereka di dampingi oleh Perwakilan dari Bank Dunia dan perwakilan dari  DPPKB PMD Lombok Utara juga ikut mendampingi. Kunjungan kerja BPKP ke desa Gondang ini merupakan apresiasi karena Desa Gondang merupakan pengelola DD ADD terbaik di Kabupaten Lombok Utara versi Inspektorat Kabupaten Lombok Utara dan satu-satunya desa di Lombok Utara yang telah menerapkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Bapak Ahmad Jauhari (Kepala Desa Gondang) menyampaikan, penggunaan aplikasi Siskeudes ini merupakan tuntutan dari Kementerian Desa agar semua desa menerapkan aplikasi ini di desa sebagai akuntabilitas sehingga mempermudah dan mempercepat Pemda melihat pelaporan penggunaan keuangan desa. Selain itu dengan penerapan Siskeudes, pengelolaan keuangan desa akan sesuai dengan RPJMDes dan RKPDes. Hal senada juga ditegaskan oleh Kabid Pemdes DPPKB PMD Lombok Utara, Edi Agus Wahyudi. “ Pemerintah Kabupaten tidak akan mencairkan anggaran Dana Desa untuk tahun berikutnya apabila pemerintah desa memberikan laporan tanpa menggunakan aplikasi Siskeudes.” Dalam kesempatan ini, beliau juga menjelaskan tahap-tahap yang dilaksanakan dalam penyaluran Dana Desa dari pemerintah pusat sampai ke pemerintah desa. Besaran jumlah yang didapat oleh desa di luar dari dana dasar yang didapat desa bervariasi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti luas wilayah desa, jumlah penduduk, dan lain-lain. Pemerintah Kabupaten juga akan memberikan reward kepada desa yang menyelesaikan laporan keuangan desa paling awal sesuai dengan Peraturan Bupati Lombok Utara.

Selanjutnya perwakilan dari Bank Dunia memantau secara langsung aktivitas perangkat desa dan penggunaan aplikasi Siskeudes yang dilaksanakan oleh perangkat desa Gondang. Tidak hanya penggunaan Siskeudes, aplikasi SID yang dilaksanakan di desa Gondang juga tidak luput dari pantauan mereka. Mereka ingin mengetahui bagaimana perkembangan informasi desa yang diakses oleh masyarakat desa dan manfaat yang didapatkan oleh masyarakat desa dengan adanya aplikasi SID ini, serta berita apa saja yang dipublikasikan melalui aplikasi SID ini. Mereka berharap untuk kedepannya agar lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat dalam mengembangkan potensi yang ada di desa desa, baik itu sumber daya manusia, sumber daya alam, dan lain sebagainya.

Komentar atas Kunjungan BPK Dan Bank Dunia Di Desa Gondang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar