Pemerintah Desa Gondang Menerima Kunjungan Tim Study Banding Desa Gegelang Kecamatan Lingsar

Administrator 03 Maret 2017 16:15:04 WIB

Pemerintah Desa Gondang menerima kunjungan dari Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, Rabu 1 Maret 2017 (2 Jumadil Akhir 1438 H). Kepala Desa Gondang beserta perangkat Desa, unsur dari BPD, PKK, LPM, DPPKB PMD Lombok Utara, perwakilan Kecamatan Gangga, Polsek Gangga menerima secara langsung kedatangan rombongan tersebut sekitar pukul 10.00 wita di kantor Desa Gondang. Rombongan yang datang tersebut berjumlah sekitar 50 orang yang terdiri dari Kepala Desa Gegelang beserta perangkatnya, PKK, LPM, BPD, pegawai Bumdes dan pelaksana kewilayahan yang ada di Desa Gegelang.

Adapun tujuan kunjungan ini sendiri diterangkan oleh Kepala Desa Gegelang, Bapak Safiudin, S. Pd I adalah untuk bersilaturahmi sekaligus ingin mendapatkan tambahan ilmu dan pengalaman dari Desa Gondang karena Desa Gondang termasuk salah satu desa terbaik di Kabupaten Lombok Utara ataupun Nasional. Lebih khusus lagi karena desa Gondang dianggap sudah lebih baik dalam hal administrasi desa karena telah menggunakan aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa).

Dalam pengantar penerimaannya, Kepala Desa Gondang, Ahmad Jauhari mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari desa Gegelang dan terima kasih atas kedatangannya semoga dapat saling berbagi pengalaman berkaitan tentang masalah di desa. Setelah itu kepala Desa Gondang memperkenalkan semua perangkat yang ada di desa Gondang, semua Kaur, Kasi, staf yang ada di sekretariat desa Gondang, BPD, LPM, PKK, Bumdes Apan Baya, Camat Gangga,  Polsek Gangga. Selanjutnya beliau melanjutkan dengan memaparkan sejarah dan profil desa Gondang secara singkat. Beliau mengatakan bahwa kerjasama antara semua unsur yang ada di desa merupakan faktor penentu agar desa bisa maju dengan komitmen ‘kerja keras’ dalam melaksanakan tupoksi masing-masing pada pemerintahan di desa. Selain itu kerjasama yang baik dengan pihak pemerintahpun harus terus dijaga, dalam hal ini kecamatan Gangga, dan DPPKB PMD Lombok Utara terkait masalah perencanaan desa.

Sekretaris desa Gondang juga menjelaskan cara penggunaan aplikasi Siskeudes yang sudah dilaksanakan di desa Gondang karena selama ini hanya desa Gondang yang sudah melaksanakan administrasi desa dengan menggunakan aplikasi ini. Menurutnya penggunaan aplikasi ini sangat bagus karena dapat mewujudkan tata kelola keuangan desa yang bersih, tertib, efektif dan efisian. Proses pencatatan, pengawasan dan pemeriksaan pertanggungjawaban keuangan desa juga lebih mudah diterapkan. Dengan aplikasi Siskudes ini, pemerintah desa dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penggunaan anggaran di desa. Sebagai langkah awal sistem ini sendiri akan terlebih dahulu diterapkan kepada beberapa desa. Beliau juga menambahkan penggunaan aplikasi ini akan lebih maksimal bila yang menggunakannya satu orang perangkat karena lebih mudah dalam pengontrolannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Sekdes Desa Gondang. Dalam diskusi ini banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta dari Desa Gegelang menyangkut semua permasalahan yang ada di desa. Semua unsur dari Desa Gondang baik itu dari unsur perangkat Desa, BPD, Pelaksana Kewilayahan, Kecamatan, dan Polsek Gangga ikut serta menjadi narasumber dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman dari Desa Gegelang, sehingga diskusi menjadi lebih terarah dan lancar. Dan untuk lebih efektifnya acara sharing ini, pihak desa mempersilahkan perangkat dari desa Gegelang untuk langsung memantau semua kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing perangkat desa maupun lembaga desa, dan berdiskusi langsung dengan perangkat yang bersangkutan.

Komentar atas Pemerintah Desa Gondang Menerima Kunjungan Tim Study Banding Desa Gegelang Kecamatan Lingsar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar