Penerimaan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIH NW Pancor Di Desa Gondang

Administrator 09 Maret 2017 16:33:04 WIB

Rabu, 1 Maret 2017 (2 Jumadil Akhir 1438 H), 18 orang Mahasiswa dari berbagai Jurusan  Institut Agama Islam Hamzanwadi  (IAIH) Pancor tiba di Desa Gondang. Kehadiran 18 Orang Mahasiswa Ini dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata Partisipatif (KKN-PAR) yang akan berlangsung selama 2 bulan sampai tanggal 27 April 2017.  Penyambutan Mahasiswa IAIH Pancor ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Gondang dan langsung di sambut hangat oleh Bapak Kepala Desa Gondang Ahmad Jauhari beserta jajaran pemerintah desa Gondang.

Dalam sambutan pengantarnya, Dosen Pembimbing KKN IAIH ini mengatakan bahwa kehadiran  mahasiswa melalui program KKN ini diharapkan dapat meningkatkan dan menggali potensi lokal yang ada di Desa Gondang. Lebih lanjut, dijelaskan bahwa sebelum di terjunkan ke lapangan, terlebih dahulu mahasiswa diberikan pembekalan di kampus. Diharapkan mahasiswa dapat hadir mengimplementasikan ilmu pengetahuan serta wawasannya dalam kehidupan bermasyarakat.

“Pelaksanaan KKN ini merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. InshaAllah Selama dua bulan pelaksanaan KKN di desa Gondang, mahasiswa siap  bersinergi dengan pemerintah desa dan masyarakat dalam menyukseskan program kerja pemerintah desa dan  akan selalu turut berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, ” jelasnya.

Lebih jauh dosen pembimbing menjelaskan bahwa seluruh peserta KKN berasal dari lima program Pendidikan, yaitu Ekonomi Syariah, PAI, Bahasa Arab, PGMI dan BKI. Seluruh mahasiswa ditempatkan di dua posko untuk wilayah desa Gondang, yaitu posko 1 di Kantor Posyandu Dusun Karang Anyar dan posko 2 di Sekretariat NW Lombok Utara di Dusun Karang Pendagi.

Sementara Itu, Kepala Desa Gondang dalam sambutan penerimaan mengatakan bahwa secara umum, Desa Gondang siap memberikan  bantuan dan pendampingan selama berlangsungnya Kegiatan KKN mahasiswa di desa Gondang. Secara khusus beliau menjelaskan bahwa saat sekarang Desa Gondang tengah bersiap dalam menghadapi Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lombok Utara. Oleh karena itu  beliau menekankan pentingnya  peran aktif mahasiswa dan masyarakat Gondang dalam menyukseskan  Desa Gondang  dalam kegiatan Lomba Desa.

“Kegiatan  KKN  tentunya bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa  bagaimana menyikapi dinamika sosial kemasyarakatan  yang ada. Bagaimana Mahasiswa dapat berfikir secara komprehensif  terhadap dinamika yang ada, di samping itu, output yang diharapkan adalah KKN juga dapat menyiapkan dan membentuk kepribadian mahasiswa sebagai Kader Perubahan dalam masyarakat”, sambut Kepala Desa.

Beliau menjelaskan bahwa KKN merupakan bentuk pengabdian kepada Masyarakat, memberikan sumbangsih sesuai kapasitas keilmuan sebagai intelektual muda, memberikan masukan dan saran serta terobosan baru dalam memajukan lokasi kegiatan mereka, dalam hal ini adalah Desa Gondang.  Dalam dua bulan kedepan diharapkan mahasiswa akan menjadi warga Desa Gondang, suka atau tidak suka banyak hal baru yang akan ditemui dalam kehidupan bermasyarakat. Kepala Desa juga berharap mahasiswa dapat memahami dan mempelajari semua kearifan lokal yang ada dan menyesuaikan dengan Program Kerja yang akan dikejakan. InsyaAllah Masyarakat dan Pemerintah Desa akan siap memberikan bantuan dan Pendampingan yang dibutuhkan.

Komentar atas Penerimaan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIH NW Pancor Di Desa Gondang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar