Bumdesmart Di Launching Wakil Bupati Lombok Utara

Administrator 30 Maret 2018 05:46:42 WIB

Wakil Bupati KLU, Sarifudin, SH menggunting pita tanda dibukanya Bumdesmart Lombok Utara

Dalam rangka meningkatkan geliat perekonomi masyarakat khususnya produk lokal masyarakat Lombok Utara, Rabu (28/3) pukul 10.00 wita, Wakil Bupati KLU, Sarifudin, SH didampingi Kepala Dinas DP2KB PMD,  Drs. HKholidi, MM secara resmi melaunching Bumdesmart se KLU yang dipusatkan di Desa Gondang Kecamatan Gangga. Hadir dalam acara ini Bapak Sekda KLU, perwakilan DPRD Lombok Utara, semua UPTD se KLU, Kapolres KLU, Camat, semua Kades Se KLU, Kompak, perwakilan Fakultas Ekonomi Unram, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Dalam laporannya Kepala Dinas DP2KB PMD,  Drs. HKholidi, MM terlebih dulu menjelaskan bagaimana proses berdirinya Bumdesmart di KLU ini. Diawali dari sebuah kajian yang difasilitasi oleh Bappeda Kabupaten Lombok Utara bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Mataram. Dari hasil kajian tersebut telah diusulkan kepada Pemda dan ditetapkan untuk tahap pertama yaitu 5 lokasi Bumdesmart yang ada di masing-masing kecamatan antara lain di desa Anyar untuk Kecamatan Bayan, Desa Kayangan untuk Kecamatan Kayangan, desa Gondang untuk Kecamatan Gangga, desa Sokong untuk kecamatan Tanjung dan desa Pemenang Barat untuk kecamatan Pemenang. Khusus untuk Desa Gili Indah memperoleh bantuan dari pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tujuan daripada hadirnya Bumdesmart di Kabupaten Lombok Utara ini adalah dalam rangka membangun ekonomi masyarakat dan memenuhi hajat masyarakat di Kabupaten Lombok Utara agar tidak dikuasai oleh orang perorangan atau dimonopoli oleh lembaga-lembaga usaha tertentu. 

Sesuai SK Bupati Lombok Utara No. 378 tahun 2017 per tanggal 18 Oktober 2017, masing-masing Desa memperoleh alokasi bantuan keuangan dalam rangka pendirian Bumdesmart di Kabupaten Lombok Utara. “Alokasi dana untuk pembangunan gedung serta perlengkapan sarana dan prasarana lain dianggarkan Rp. 300 juta. Sedangkan untuk permodalan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Bumdes, tidak ada intervensi maupun kerjasama dengan lembaga-lembaga lain,” jelas Kadis DP2KB PMD.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa dalam menjalankan proses pembangunan Bumdesmart Kabupaten Lombok Utara nantinya akan didampingi oleh Kompak NTB dengan PT Usaha Desa dalam rangka pengelolaan, penataan dan penyusunan SOP. Pada tahun 2018 ini juga sudah dianggarkan dalam APBD Kabupaten Lombok Utara tahun 2018 untuk pembangunan 5 Bumdesmart lagi di Kabupaten Lombok Utara.

Sambutan kemudian disampaikan oleh Wakil Bupati KLU, Sarifudin, SH. Beliau sangat antusias terhadap keberadaan Bumdesmart ini dan berharap menjadi salah satu media untuk menghargai produk-produk lokal, karena selama ini produk lokal kalah bersaing dengan produk modern. Bumdesmart ke depan bukan saja meniru manajemen seperti Alfamart dan Indomaret tetapi bagaimana kemudian manajemen ini bisa dilakukan oleh masyarakat yang akan mampu bersaing dengan retail modern. “Saya harap agar semua produk lokal yang ada di masyarakat bisa dimasukkan dan dipasarkan di dalam manajemen Bumdesmart ini,” tegasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon sebagai tanda telah dibukanya Bumdesmart se-Lombok Utara oleh Wakil Bupati Lombok Utara yang didampingi oleh Sekda Lombok Utara serta semua SKPD yang hadir. Setelah itu para undangan menyempatkan diri mencicipi produk lokal yang dijual sekaligus berbelanja produk yang dijual di Bumdesmart ini.

Komentar atas Bumdesmart Di Launching Wakil Bupati Lombok Utara

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar