PEMDES GONDANG DAN LPTQ GELAR RAKOR PERSIAPAN STQ TINGKAT KECAMATAN

Administrator 28 Februari 2019 06:43:50 WIB

Gondang – Dalam rangka persiapan menghadapi STQ (Seleksi Tilawatil Quran) tingkat Kecamatan yang rencananya akan diselenggarakan di Desa Rempek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara, Pemdes Gondang laksanakan Rakor Persiapan, Rabu (27/2) bertempat di kantor desa Gondang sementara.  Acara yang dibuka langsung oleh Kades Gondang ini dihadiri oleh pengurus LPTQ Desa Gondang, semua perangkat kewilayahan se-desa Gondang, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Adapun tujuan dari Rakor ini adalah dalam rangka menyusun sekaligus mengevaluasi pelaksanaan dan pembinaan yang telah dilaksanakan pengurus LPTQ Desa Gondang meghadapi STQ tingkat Kecamatan Gangga.

Dalam kesempatan tersebut, Kades Gondang, Atmaja Gumbara, SP mengatakan bahwa pelaksanaan STQ tingkat Kecamatan akan dilaksanakan pada bulan Maret 2019, sehingga waktu untuk menyiapakan kafilah sangat singkat. Atas dasar hal tersebut diadakan rakor ini dalam rangka merencanakan langkah-langkah yang harus dipersiapkan. Namun beliau berharap meskipun dengan waktu yang singkat ini desa Gondang bisa optimal dalam menyiapkan wakilnya nanti di STQ ini.

“Dari pengalaman tahun kemarin di tingkat Kecamatan, desa Gondang belum punya pretasi diajang STQ ini. Tapi saya secara pribadi tidak berkecil hati dengan keadaan dan kondisi ini, tapi yang jelas saya berharap kita bisa tampil optimal apapun kondisi dan keadaannya saat ini,” jelas beliau.

Beliau juga menambahkan bahwa semua prestasi yang selama ini diraih oleh desa Gondang akan tidak begitu berarti jika bidang yang paling krusial (kegamaan) seperti STQ ini tidak maksimal. Oleh karena itu beliau berharap agar semua unsur desa dapat bersinergi dan bekerjasama dalam mensukseskan pelaksanaan acara keagamaan ini.

“Saya mengajak kepada kita semua agar kita sama-sama mensukseskan kegiatan ini dalam rangka membangun karakter masyarakat kita khususnya di desa Gondang ini menjadi lebih baik. Intinya bagaimana nanti kita bisa tampil di tingkat Kecamatan, kita tunjukkan desa Gondang juga bisa ikut berpartisipasi dan bila perlu kita bisa menjadi yang terbaik,” harap beliau.

Terkait masalah anggaran dalam pelaksanaannya nanti, beliau akan memback up penuh bagaimana kegiatan ini bisa sukses dilaksanakan dalam rangka perbaikan karakter masyarakat khususnya masyarakat di desa Gondang.

Sementara itu Ketua LPTQ Desa Gondang, Muhlisin, S. Ag menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan STQ ini tidak sama dengan MTQ karena cabang yang dilombakan dalam STQ lebih sedikit daripada pelaksanaan MTQ, sehingga waktu yang diperlukan juga tidak terlalu lama.

“Mungkin nantinya yang agak lama adalah tahap perekrutan kafilah, tapi Insyaallah nanti kita akan berkoordinasi dengan guru mengaji dan perangkat kewilayahan di masing-masing dusun sehingga desa Gondang dapat ikut serta mengambil bagian dalam kegiatan STQ ini,” jelasnya.

Sementara itu Sekdes Gondang, Supriadi, S. Sos sangat berharap agar kegiatan ini dapat berjalan lancar sehingga tujuan dari kegiatan ini dalam rangka mensyiarkan agama Islam ini dapat tercapai. Lebih lanjut beliau menekankan agar adanya pembinaan lanjutan sehingga kesan dari adanya kegiatan ini tidak semata-mata seremonial semata.

“Harapan kita kedepan agar adanya pembinaan berlanjut terhadap bibit yang ada di desa Gondang, tidak hanya sebatas hanya mengikuti lomba STQ saja,” harapnya.

“Kami pihak desa akan memback up segala hal yang berkaitan dengan anggaran yang akan ditimbulkan oleh kegiatan ini, sehingga apa yang menjadi tujuan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik’” tambah Supriadi.

Komentar atas PEMDES GONDANG DAN LPTQ GELAR RAKOR PERSIAPAN STQ TINGKAT KECAMATAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar