Warga Desa Gondang Laksanakan Kegiatan Bersih-bersih Jelang Musim Penghujan

Administrator 08 Desember 2019 13:07:45 WIB

Gondang - Masyarakat Desa Gondang menggelar aksi bersih-bersih di lingkungan masing-masing terutama di saluran-saluran air yang dilewati oleh air hujan, Minggu (17/11/2019). Aksi ini dilakukan oleh unsur masyarakat, pelajar hingga ASN, dipimpin langsung oleh masing-masing pelaksana kewilayahan di desa Gondang. Aksi bersih-bersih itu dilakukan agar aliran air tidak terhambat oleh sampah maupun penyempitan lainnya ketika musim hujan tiba. Kegiatan ini juga bentuk  preventif untuk membersihkan saluran-saluran air dari sampah yang dapat memicu luapan air hujan.

Warga membersihkan dan mengangkut sampah-sampah plastik maupun organik yang banyak terdapat di saluran-saluran air, membersihkan tanaman liar dikanan kiri serta memperluas daerah aliran sungai yang menyempit karena endapan tanah bercampur sampah.

“Menyongsong musim hujan yang turun sebentar lagi, hari ini kita gotong royong membersihkan saluran-saluran air dari sampah yang menumpuk. Kegiatan ini juga untuk memberikan pembelajaran pada warga lainnya agar sadar akan kebersihan dan jangan buang sampah ke saluran-saluran air," kata Pelaksana Kewilayahan Lekok Selatan, Muslihan.

Aksi ini juga dihimbaunya bisa diikuti masyarakat yang lain, paling tidak dengan ikut membersihkan lingkungan di wilayah masing-masing. Mulai dari selokan, got serta sungai terdekat agar jangan ada endapan sampah. Menurut dia, masyarakat perlu penyadaran hal tersebut karena dampak saluran yang dipenuhi sampah bakal terasa kalau musim hujan tiba. Selain akan menyebabkan peluapan air, dampak kesehatan juga pasti akan dirasakan oleh warga dan juga menjadikan pemandangan yang kurang enak.

"Jika saluran ini tidak segera kita bersihkan sudah pasti air akan melimpas ke jalan, bahkan permukiman warga. Dengan kita mengawali aksi seperti ini mudah-mudahan perubahan perilaku masyarakat agar tidak membuang sampah ke saluran-saluran air dapat terwujud," ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Gondang, Slamet Riyadi, S.I.P mengatakan, pelaksanaan kegiatan pembersihan lingkungan tersebut bertujuan sebagai antisipasi saat musim hujan. Ia juga mengatakan, di samping melaksanakan pembersihan lingkungan sekitar rumah masing-masing warga, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pembersihan kanan kiri jalan desa.

“Kami pihak pemerintah desa Gondang mengucapkan terima kasih atas peran aktif semua masyarakat yang selalu membantu menyukseskan segala program yang direncanakan pemerintah Desa Gondang. Semoga kedepannya dapat terus terjalin kedekatan dan kerja sama yang lebih erat dan solid lagi,” pungkasnya.

Komentar atas Warga Desa Gondang Laksanakan Kegiatan Bersih-bersih Jelang Musim Penghujan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar