DESA PELOPOR MENERAPKAN SISTEM APLIKASI SISKEUDES DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

Administrator 12 Oktober 2016 08:21:00 WIB

Dengan disahkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. Selain itu pemerintah desa   diharapkan untuk lebih mandiri  dalam mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya alam   yang dimiliki, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan  dan  kekayaan  milik desa. Begitu   besar peran yang diterima oleh desa, tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula.   Oleh karena itu pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata pemerintahannya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan  aplikasi keuangan  desa ini, diharapkan pemerintah desa dapat mewujudkan tata kelola keuangan desa yang bersih, tertib, efektif dan efisian. Proses pencatatan, pengawasan dan pemeriksaan pertanggungjawaban keuangan desa juga lebih mudah diterapkan.

Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) adalah salah satu aplikasi yang diterapkan dalam pembuatan laporan tentang keuangan desa bertujuan memfasilitasi aparatur desa menyusun laporan keuangan desa dengan mudah, cepat dan tepat.

Dengan aplikasi Siskudes ini, pemerintah desa dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penggunaan anggaran di desa. Sebagai langkah awal sistem ini sendiri akan terlebih dahulu diterapkan kepada beberapa desa.

Desa Gondang merupakan salah satu Desa yang terletak di wilayah kota Kabupaten lombok Utara merupakan satu satunya Desa yang mempelopori menggunakan Aplikasi SISKEUDES dan telah dipergunakan olek kaur dan kasi dalam mengelola kekuangan Desa.

Sebelum menerapkan penggunaan Aplikasi SISKEUDES di desa Gondang, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Pemerintahan Desa (BPM PPKB PEMDes) Kabupaten Lombok Utara bekerjasama dengan perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat memberikan pelatihan aplikasi SISKEUDES kepada Perangkat Desa Se-Kabupaten Lombok Utara.

Setelah melihat dan mempelajari manfaat aplikasi SISKEUDES, Kepala Desa Gondang AHMAD JAUHARI menekankan kepada semua perangkat Desa supaya belajar dan menggunakan aplikasi SISKUDES. Berbekal hasil pelatihan yang diberikan Sekretaris Desa Gondang SUPRIADI melatih semua perangkat desa Gondang, hal ini dilakukan supaya Kepala Urusan, Kepala Seksi dan staf dilingkup pemerintah Desa Gondang dapat mengenal dan menggunakan aplikasi SISKEUDES sehingga pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dapat dilaksanakan tepat waktu, tepat Guna dan efisien dan penyusunan anggaran Belanja Desa sesuai dengan regulasi yang ditetapkan.

Tanpa komitmen yang kuat dari Kepala Desa dan didukung oleh keinginan belajar perangkat Desa penerapan aplikasi SISKEUDES tidak akan dapat terlakasana sehingga pengelolaan keuangan Desa yang akuntabel masih jauh dari harapan.

Komentar atas DESA PELOPOR MENERAPKAN SISTEM APLIKASI SISKEUDES DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar